Sunday, May 13, 2012

PHOTO PATUNG BALARAJA TAHUN 70 AN

Konon patung ini merupakan patung icon balaraja era th. 70 an dimana letaknya persis dipertigaan jl.raya serang km.24 dan jl.raya kresek, patung seorang pahlawan ini sedang memegang sebilah pedang dengan raut muka seolah meraung nyalangap (Red: bhs sunda) mrupakan simbol pergerakan perlawanan terhadap penjajah, tapi sayang patung ini tidak tahu dimana keberadaannya, patung ini diletakan berdekatan dengan pasar balaraja (sekarang disebut pasar balaraja lama), seiring waktu berjalan wilayah ini sudah banyak perubahan, diantaranya setelah pasar balaraja kebakaran th 90'an (bekas) pasarpun beralih fungsi menjadi taman balaraja (tempat kongkow/taman kecil),dimana didalam taman tersebut berdiri pula sosok patung jawara dengan sebilah golok dipinggangnya, dan tidak lama keberadaan taman itupun berubah fungsi menjadi bangunan ruko-ruko(tak bertuan), ironis memang siapa yang seharusnya bertanggung jawab sampai akhirnya pasar balaraja direlokasi ke jl.raya kresek tepatnya sentiong, yaaa saya cuma bisa sedikit mengulas sejarah perkembangan balaraja, karena saya sendiri pernah "hidup" dipasar tersebut (jualan kantong kresek,jualan pucuk mede bahkan kuli panggul sekalipun), sekali lagi ini hanya sepengetahuan saya karna saya terlahir di balaraja tangerang 29 th yang lalu, adapun yang ingin menambahkan catatan poto iseng saya ini monggooo dipersilahkan. kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih. "BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI SEJARAH". klik disini perawan

11 comments:

  1. pengen RASA nya itu MEMINTA PERTANGGUNG JAWABAN
    IDENTITAS TANAH KELAHIRAN ANE YANG HILANG sayangnya tenaga ane KURANG KUAT

    ReplyDelete
  2. Tq buat komeng nya, eeh komen nya.. ^_^
    Klo pnya pto-pto jadul sptar blaraja dishare aja ya Kang :-) "PELAN PELAN SAJAH"

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. I love balaraja....

    isun wong pekong😆
    d balaraja hanya di kp.pekong yg berbahasa Jawa. v sayang,sudah mulai punah😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Ooh ad yah di Pekong!! Dg senang hati Klo bahasa Jawa di Pekong tercinta trus dilestarikan dan dipertahankan Kang Ajat...
      Tu sbg identitas "Ora sing isin pake Bahasa Jawa..." Pekongna dmn Kang? I Love Balaraja and Pekong :)

      Delete
  5. Kenangan masa lalu.. Inget saya.. Saya hidup pada zaman patung itu dibuat

    ReplyDelete
  6. balaraja indah pada masa dulu sebelum banyak perumahan sekarang terasa sesak sempit

    ReplyDelete
  7. Kalau bisa patung sekarang bongkar ubah ke patung yang dulu biar auranya keluar lagi...

    ReplyDelete
  8. Masih keturunan Bnten keturunane wong Cirebon semoga dengan menilik sejarah Indonesia bersatu seperti dulu para raja nusantara

    ReplyDelete